Langsung ke konten utama

Tantangan Umat Islam di Era Modernisasi

Islam Modern


MODERNISASI

    Waktu terus berputar dan zaman terus berkembang dengan berbagai teknologi dan informasi yang tiada henti terus memanjakan manusia pada zaman modern ini. Disamping memberikan dampak positif bagi manusia dari segala aspek namun juga memiliki dampak negatif  yang dapat merusak manusia itu sendiri. Tantangan umat Islam datang melalui masa depan, tidak dapat dipungkiri perkembangan yang begitu pesat membawa pengaruh yang begitu signifikan bagi kehidupan manusia.

    Digital teknologi misalnya memanjakan segala aspek kehidupan manusia modern, sehingga hal ini disamping membawa kemudahan namun menjadi sebuah kehancuran jika tidak digunakan dengan bijak seperti penipuan, jual beli obat terlarang melalui media online, prostitusi, penyebaran hoaks, terorisme dan lain sebagainya. Johan Wikileaks mengatakan siapapun yang menguasai teknologi dan unggul dalam mengontrol persepsi publik akan menjadi pemenang. (Kompas: 28 September, 2017:7). Ditambah lagi modernisasi bukan hanya memanjakan manusia, namun juga menggantikan manusia sebagai pekerja di berbagai sektor yang mengakibatkan kurangnya lapangan pekerjaan sehingga manusia banyak yang menganggur dan melakukan kriminal guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

          Sebagaimana diungkapkan oleh Abudin Nata Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang kemampuannya melebihi batas kemampuan manusia dan juga dapat menunjukkan kinerja yang lebih baik dapat menggantikan eksistensi manusia (Abudin Nata, 2022: 34).  Dengan demikian manusia di tuntut agar senantiasa mengupgrade kualitas diri agar menjadi manusia yang mampu bersaing dalam dunia modern jika tidak maka hal itu akan menghilangkan peran dan fungsi manusia. 

        Ditambah lagi Akulturasi budaya barat dan Islam melalui arus komunikasi digital yang begitu cepat berimplikasi pada gaya hidup masyarakat pada umumnya yang bersifat materi. Faktanya manusia modern menurut Azyumardi Azra dalam bukunya Abudin Nata (2022: 34) telah mengalami disorientasi (kehilangan arah), dislocation (kehilangan pijakan dan disruption (kekacaubalauan). Disamping itu Fazlurrahman menyebutkan masyarakat modrenis lebih condong pada sifat materialistis. Sebagaimana kita amati pada masa kini budaya barat seakan-akan menjadi panutan bagi manusia pada umumnya, perkembangan fashion, pola fikir, gaya bahasa, dan lain sebagainya. Hal ini berdampak pada sikap manusia dari berbagai aspek, seperti sosial misalnya tidak adanya rasa simpati dan empati karena tidak ada keuntungan materi yang didapatkannya. Kesenjangan sosial akibat dari moderenisasi membatasi aktivitas manusia karena diukur dengan materi sebagaimana nilai-nilai Islam untuk senantiasa saling menolong dalam ketakwaan, "Dan tolong menolonglah kamu dalam kebajikan dan ketakwaan, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran"  (Q.s Al Maidah: 2). 

    Modernisasi juga mengakibatkan tersesatnya manusia pada hakikat penciptaannya sebagai khalifah di bumi, "Aku tidak menciptakan manusia melainkan untuk menyembah kepadaku" (Q.s Az Zariat: 56)ditinjau dari segi ayat ini manusia merupakan makhluk yang seharusnya mengabdikan dirinya hanya untuk beribadah kepada sang khalik, namun kenyataannya mereka sibuk dengan dunia yang tiada harganya seperti sayap nyamuk sebagaimana sabda Rasulullah Saw Dari Sahl bin Sa’id as-Sa’idi radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَوْ كَانَت الدُّنْيَا تَعْدِلُ عِنْدَ الله جَنَاحَ بَعُوضَةٍ ، مَا سَقَى كَافِراً مِنْهَا شَرْبَةَ مَاءٍ

        Artinya: “Seandainya dunia ini di sisi Allah senilai harganya dengan sayap nyamuk niscaya Allah tidak akan memberi minum barang seteguk sekalipun kepada orang kafir” (HR. Tirmidzi, dan dia berkata: ‘hadits hasan sahih’)


ISLAM DAN Al QURAN

    Islam adalah agama yang membawa kita kepada keselamatan sebagaimana arti kata Islam itu sendiri yang berasal dari kata salama, yusalimu, islaman yang memiliki arti selamat. Disebut sebagai agama yang menuntun manusia pada keselamat karena dalam Islam manusia diatur dengan syariat Allah dan Nabi Muhammad Saw yang merupakan utusan tuhan untuk  membimbing serta mengarahkan manusia kepada kebahagian, keselamatan di dunia maupun di Akhirat. Seorang neo mernisme Islam Fazlur Rahman menegasakan segala permasalah manusia yang dihadapi di dunia ini tiada lain solusinya adalah kembali kepada Al Quran (Zaprulkhan, 2014:151). Al Quran adalah pedoman umat Islam dalam ngarungi lautan kehidupan yang bersifat absolut (tidak terbatas) tidak lekang terkubur zaman dan waktu. Hakikatnya menurut penulis segala permasalahan yang dihadapi manusia baik semenjak zaman klasik hingga modern saat ini dapat terselesaikan dengan Al Quran.

    Pada dasarnya jika Masyarakat Muslim mengamalkan nilai-nilai keIslaman secara menyeluruh (kaffah) maka permasalahan-permasalahan yang dihadapi di masa modern dapat teratasi. Jika kita melihat nilai-nilai keislaman yang begitu komprehensif mengatur kehidupan manusia dari segala aspek seperti sosial, ekonomi, politik, budaya dan pendidikan sudah di atur dan dijelaskan dalam Al Quran. Sebagaimana  Abudin Nata menjelaskan ilmu agama bersumber utama pada ayat Al-Quran, Matan Al Hadits dan  al Ra’yu (QS. An-Nisa [4]; 59). Adapun ilmu alam (natural sciences) bersumber pada ayat-ayat jagat raya (ayat al-kauniyah) (QS. Al-Baqarah, [2]: 164; Al-Imran, [3]: 190, Al-Jaatsiyah [45]:3, Adz-Zariyat, [51]:20), ilmu-ilmu sosial berasal dari ayat yang terdapat dalam diri manusia, yakni prilaku kehidupannya, sosial, ekonomi, budaya dan sebagainya (QS. Fusshilat, [41]:53), ilmu laduni berasal dari Allah Swt. Yang secara langsung diturunkan kepada hati orang-orang yang dekat bersih jiwanya (QS. An-Nur, [24]:35), dan ilmu filsafat berasal dari Allah Swt. melalui akal pikiran (QS. An-Nahl, [16]:78), kebahagiaan hidup manusia dan agar manusia mendapatkan hidayah-Nya. (QS. Al-Baqarah, [2]:3) Ditambah lagi produk para ahli tasawuf zaman klasik seperti Imam Al Ghazali, Rabiatul Adawiah dan lain sebagainya dengan doktrin tasawuf dalam Islam yang menempa hati manusia agar tidak larut dalam sifat keduniaan seperti shabar, rela, qona'ah, syukur, zuhud, tawakkal dan Hubb. 

    Tidak sampai disana, berbagai pemikiran-pemikiran barat yang lebih menekankan pada berfikir rasional dimasa kontemporer ini ikut mewarnai karakter berfikir masyarkat muslim modern. Oleh karena itu Fazlur Rahman berpendapat agar umat Muslim tidak gagal dalam menghadapi dunia modern maka umat harus mengkaji dunia barat beserta gagasannya secara mendalam, kritis, dan objektif. Hakikatnya semakin banyak Ilmu yang dimiliki seseorang maka akan semakin bertambah keyakinan dan komitmentnya terhadap kebenaran dan mendekatkan kita kepada Allah bukan malah sebaliknya semakin banyak ilmu yang telah dipelajari dan di kuasai malah semakin menjauhkan kita dari Allah. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ad-Dailimi:

    وَقَالَ رَسُوْلُ الله صَلَّى اللهٌ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنِ ازْدَادَ عِلْمًا وَلَمْ يَزْدَدُهُدًى لَمْ يَزْدَدْ مِنَ اللهِ إِلَّا بُعْدًا (رواه الديلمي)

    Artinya: "Barang siapa makin bertambah pelajaran ilmunya dan tidak bertambah hidayahnya, maka ia akan makin jauh dari Allah". (HR. Ad-Dailimi)

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa memperkuat keimanan kita dalam mengarungi kehidupan yang penuh ujian dan cobaan ini...

مَّآ أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ ٱللَّهِ ۖ وَمَآ أَصَابَكَ مِن سَيِّئَةٍ فَمِن نَّفْسِكَ ۚ وَأَرْسَلْنَٰكَ لِلنَّاسِ رَسُولًا ۚ 

وَكَفَىٰ بِٱللَّهِ شَهِيدًا

        Artinya: "Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi"

Referensi : https://tafsirweb.com/1611-surat-an-nisa-ayat-79.html




 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Subjek dan Objek Evaluasi Pendidikan

PENDAHULUAN A.     Latar Belakang      Setiap usaha atau kegiatan yang telah dilakukan sebaiknya diikuti dengan tindak lanjut, atau kegiatan evaluasi, terutama pada dunia pendidikan. Menurut UU No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peseta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam dunia pendidikan evaluasi ini sangat penting utuk dilakukan agar kegiatan baru yang akan dilakukan bisa berjalan lancar tanpa mengulangi kesalahan yang pernah terjadi atau sesuai dengan tujuan pendidikan. Evaluasi dalam kegiatan belajar mengajar atau pengajaran adalah penilaian/penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan peserta didik ke arah tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam hukum. Hasil p

Jarimah Hudud dan Macam-Macamnya

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang bahaya bagi agama, jiwa, harta, keturunan, dan akal. Sebagian fuqaha menggunakan kata jinayah untuk perbuatan yang berkaitan dengan jiwa atau anggota badan, seperti membunuh, melukai dan sebagainya. Dengan demikian istilah fiqh jinayah sama dengan hukum pidana. Untuk mempersempit pembahasan maka disisni pemakalah hanya akan membahas masalah yang berkenan dengan hudud Jarimah hudud adalah tindak pidana yang diancam hukuman had, yakni hukuman yang telah ditentukan macam dan jumlah (berat-ringan) sanksinya yang menjadi hak Allah SWT, dan tidak dapat diganti dengan macam hukuman lain atau dibatalkan sama sekali oleh manusia. Ada tujuh macam perbuatan jarimah hudud yaitu, zina, menuduh orang lain berbuat zina (qazaf), meminum minuman keras, mencuri, menggangu keamanan (hirabah), murtad, dan pemberontakan (al-bagyu). Adapun jarimah ta’zir Secara bahasa ta’zir merupakan mashdar (kata dasar) dari ‘azzaro yang berarti menolak dan mencegah keja

Pengertian Metodik Khusus PAI

PENDAHULUAN            A.     Latar Belakang Guru akan menunaikan tugasnya dengan baik atau dapat bertindak sebagai tenaga pengajar yang efektif, jika padanya terdapat berbagai kompetensi keguruan, dan melaksanakan fungsinya sebagai guru. Dalam proses pembelajaran seorang guru membutuhkan metode yang tepat dalam proses belajar mengajar agar mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada seorang siswa dan tercapainya tujuan belajar yang efektif. Begitu juga dalam proses pembelajaran agama Islam yang memerlukan metodik khusus untuk penyampaian materi belajar tertentu dalam Pendidikan Agama Islam agar siswa dapat mengetahui, memahami, mempergunakan, dengan kata lain dapat menguasai materi pembelajaran dengan cepat. Dalam hal ini kami ingin memaparkan pengertian Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam, ruang lingkup, tujuan dan manfaatnya dalam pendidikan agama Islam. Adapun tujuan dari penilisan makalah ini adalah untuk  mengetahui pengertian MKPAI, u ntuk mengetahui r