Langsung ke konten utama

Sidik Jari Dalam Al Quran

بسم الله الرحمن الحيم

Sidik Jari

        Al Quran adalah Kalam Allah Swt yang di wahyukan kepada Nabi Muhammad Saw dan menjadi salah satu mu'jizat kerasulan Muhammad Saw. Al Quran ini merupakan Kitab suci Umat islam yang terkandung didalamnya berbagai unsur hukum dan kemahakuasaan Allah sebagai informasi kepada manusia agar mereka menjadikan ia sebagai pelajaran, peringatan serta pedoman dalam menapaki kehidupan dunia.

     Keindahan Al Quran dari segi keindahan bahasa merupakan suatu mukjizat yang tidak bisa dibantahkan oleh para ahli bahasa namun disamping itu Al Quran tidak boleh disebut sebagai sebuah puisi maupun syair meskipun ada yang membacanya secara berirama. Para Ahli menyatakan bahwa Al Quran merupakan prosa berirama. Oleh karena itu bangsa Arab Saat itu dikenal sebagai gudang para prnyair dan sastrawan yang tiada duanya tidak mampu menandingi atau membuat semitsal satu ayat dalam Al Quran. Disamping itu para ilmuan juga mengagumi keilmiahan Al Quran dalam membuktikan kemukjizatannya hal ini terlihat dari berbagai upaya yang dilakukan oleh para ilmuan dalam mengungkap makna-makna ayat Al Quran yang membuat minat dan perhatian mereka trus tertuju pada Al Quran terlebih lagi ketika Al Quran lebih dahulu dapat membuktikan beberapa teknologi dan ilmu pengetahuan terkini.[1]  

       Salah satu dari pembuktian Keilmiahan Al Quran yang sempat dibuktikan pada diri manusia yaitu prihal sidik jari. Dimana kita ketahui manusia pada saat ini sebagaimana saya kutip dari United Nation berjumlah 7,9 miliar jiwa yang sudah memadati bumi.[2] Namun dari jumlah itu sidik jari yang dimiliki individunya beragam dan unik serta tidak memiliki kesamaan. Keunikan sidik jari ini ditemukan oleh seorang ilmuan Muslim yang bernama Rasyid Al Din dalan kitabnya Jami’ Al Tawarikh, mereka orang-orang barat mengklaim seperti James Herschel yang menemukan sistem sidik jari dan tidak membenarkan penelitian Rasyid Al Din terhadap penggunaan sidik ari pada oerang-orang Cina kuno. Namun hal ini di bantah oleh seorang penulis, ahli biologi, naturalis dan etnolog Jepang bernama Kumagusu Minakata, ia  membuktikan bahwa W. Herschel tidak mengutip bukti asli dari Rashid Al Din.

            Keunikan sidik jari baru dapat di temukan pada Abad 19, sebelumnya sidik jari  hanya dianggap sebagai goresan biasa dan tidak memiliki arti apapun. Dalam Al Quran Allah Swt berfirman :

 

اَÙŠَØ­ْسَبُ الْاِÙ†ْسَانُ اَÙ„َّÙ†ْ Ù†َّجْÙ…َعَ عِظَامَÙ‡ٗ ۗ Ù£ بَÙ„ٰÙ‰ Ù‚ٰدِرِÙŠْÙ†َ عَÙ„ٰٓÙ‰ اَÙ†ْ Ù†ُّسَÙˆِّÙŠَ بَÙ†َانَÙ‡ٗ Ù¤ ( القيٰمة/75: 3-4)

Artinya: “Apakah manusia mengira bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang-belulangnya? “ Tentu, (bahkan) Kami mampu menyusun (kembali) jari-jemarinya dengan sempurna.”  (Al-Qiyamah/75:3-4)

                        Berdasarkan ayat ini Allah menjelaskan kekuasaannya atas tulang-belualang dan jari-jemari manusia yang telah meninggal dan hancur akan dipersatukan kembali dengan kekuasaannya secara sempurna. Hal ini dapat di fahami oleh para ilmuan bahwa diantara manusia yang hidup di dunia ini tidak memiliki kesamaan dalam sidik jari mereka.[3] Kulit jari manusia mempunyai perbedaan dari bentuk garis yang setiap individu tidak memiliki kesamaan.[4]

            Dalam Q.S Qiyamah di atas Zaghul al Najjar memaknai kata banana  sebagai bentuk jamak dari kata banan  yang memiliki arti ujung jari. Menurutnya, ayat ini memberikan isyarat akan penyusunan (penyempurnaan) “banan” ujung jari manusia. Kekuasaan Allah Swt mengmbalikan serta menyusun kembali kehancuran tulang manusia yang telah mati bahkan membusuk dan menjadi tanah kemudian hancur akan di kembalikan secara sempurna. Kemudian dalam pandangan sains, kata banan yang dimaknai ujung jari oleh Zaghul al Najjar terdapat terdapat tanda khusus (spesifik) berupa pertukaran jelas antara sejumlah garis menonjol dan cekung pada kulit jari-jari kedua tangan dan kedua kaki yang memiliki bentuk yang berbeda, unik dan khas pada setiap individu manusia.[5]

            Kulit yang ada pada telapak tangan merupakan bagian telapak tangan mulai dari ujung pergelangan sampai ke semua ujung jari dan kulit pada bagian telapak kaki tumit ke semua ujung jari. Di situlah terdapat garis –garis halus yang menonjol keluar, yang satu sama lainnya terpisah oleh celah atau alur dan membentuk lukisan-lukisan tertentu. Kulit telapak tangan manusia terdiri dari dua lapisan yaitu Lapisan Dermal (lapisan kulid dalam) dan Lapisan Epidermal yaitu lapisan kulit bagian luar yang terdapat garis-garis menonjol keluar atau yang disebut juga garis-garis papilair. Lukisan yang dibentuk oleh garis papilar inilah yang membentuk sebuah pokok, perumusan dan pemeriksaan perbandingan sidik jari. Jika lapisan luar ini terluka maka akan sembuh secara sendirinya dan membentuk pola yang sama sesuai dengan sebelumnya.

            Sidik jari memiliki manfaat yang begitu signifikan dalam menentukan sebuah kasus criminal. Karena itu pengetahuan sidik jari bagi tiap-tiap pegawai polisi dari bawahan sampai atasan menjadi sebuah keharusan karena suatu tindak kejahatan dapat di telusuri melalui sidik jari seorang pelaku kejahatan. Namun sistem penelusuran dengan sidik jari ini dapat berfungsi jika sidik jari setiap masyarakat atau penduduk setempat di dokumentasikan sehingga dapat memudahkan dalam pelacakan pelaku.[6]

            Mahasuci Allah atas segala kuasa dan ciptaannya yang begitu luar biasa, Al Quran yang merupakan Mukjizat yang turunkan Kepada Nabi Muhammad Saw disamping kekayaan bahasa dan sastranya namun mengandung sains sebagai petunjuk bagi Umat Manusia yang lebih dahulu menjelaskan tentang sidik jari 1443 tahun lebih dahulu dari pengakuan orang barat Abad 19 yang mengklaim menemukan keunikan dan kekhasan sidik jari. MasyaAllah ….

 

     



[1] LITBANG Kementrian Agama Republik Indonesia.

[2] United Nation, 2022. Diakses pada tanggal 11 Mei 2022.

[3] Masyhuri Putra, Mengungkap Kemukjizatan Ilmiah Dalam Al Quran, Jurnal An-Nur, Vol. 4 No. 2, 2015. Hal. 168.

[4]  Muhammad Amin, Menyingkap Sisi Kemu’jizatan Al Quran, Jurnal At-Tibyan Vol. 2, No. 2, 2015 Hal. 184.

[5] Shofiyatun Niswah, Sidik Jari dalam Al Quran (Studi Makna Banan dalam Q,S Al Qiyamah [75]: 4 Perspektif Zhaghlul Al Najjar), Skripsi. UIN Sunan Ampel 2020.

[6] Subaidi, Keabsahan Sidik Jari Sebbagai Alat Bukti, CENDIKIA: Jurnal Studi KeIslaman, Vol. 2, No.2 2016. 

Komentar

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik, bijak dan konstruktif !

Postingan populer dari blog ini

Subjek dan Objek Evaluasi Pendidikan

PENDAHULUAN A.     Latar Belakang      Setiap usaha atau kegiatan yang telah dilakukan sebaiknya diikuti dengan tindak lanjut, atau kegiatan evaluasi, terutama pada dunia pendidikan. Menurut UU No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peseta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam dunia pendidikan evaluasi ini sangat penting utuk dilakukan agar kegiatan baru yang akan dilakukan bisa berjalan lancar tanpa mengulangi kesalahan yang pernah terjadi atau sesuai dengan tujuan pendidikan. Evaluasi dalam kegiatan belajar mengajar atau pengajaran adalah penilaian/penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan peserta didik ke arah tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam hukum. Hasil p

Jarimah Hudud dan Macam-Macamnya

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang bahaya bagi agama, jiwa, harta, keturunan, dan akal. Sebagian fuqaha menggunakan kata jinayah untuk perbuatan yang berkaitan dengan jiwa atau anggota badan, seperti membunuh, melukai dan sebagainya. Dengan demikian istilah fiqh jinayah sama dengan hukum pidana. Untuk mempersempit pembahasan maka disisni pemakalah hanya akan membahas masalah yang berkenan dengan hudud Jarimah hudud adalah tindak pidana yang diancam hukuman had, yakni hukuman yang telah ditentukan macam dan jumlah (berat-ringan) sanksinya yang menjadi hak Allah SWT, dan tidak dapat diganti dengan macam hukuman lain atau dibatalkan sama sekali oleh manusia. Ada tujuh macam perbuatan jarimah hudud yaitu, zina, menuduh orang lain berbuat zina (qazaf), meminum minuman keras, mencuri, menggangu keamanan (hirabah), murtad, dan pemberontakan (al-bagyu). Adapun jarimah ta’zir Secara bahasa ta’zir merupakan mashdar (kata dasar) dari ‘azzaro yang berarti menolak dan mencegah keja

Pengertian Metodik Khusus PAI

PENDAHULUAN            A.     Latar Belakang Guru akan menunaikan tugasnya dengan baik atau dapat bertindak sebagai tenaga pengajar yang efektif, jika padanya terdapat berbagai kompetensi keguruan, dan melaksanakan fungsinya sebagai guru. Dalam proses pembelajaran seorang guru membutuhkan metode yang tepat dalam proses belajar mengajar agar mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada seorang siswa dan tercapainya tujuan belajar yang efektif. Begitu juga dalam proses pembelajaran agama Islam yang memerlukan metodik khusus untuk penyampaian materi belajar tertentu dalam Pendidikan Agama Islam agar siswa dapat mengetahui, memahami, mempergunakan, dengan kata lain dapat menguasai materi pembelajaran dengan cepat. Dalam hal ini kami ingin memaparkan pengertian Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam, ruang lingkup, tujuan dan manfaatnya dalam pendidikan agama Islam. Adapun tujuan dari penilisan makalah ini adalah untuk  mengetahui pengertian MKPAI, u ntuk mengetahui r